KISAH DARI STEVEN JAM

Steven Jam 




Kali Ini Bahas Mengenai Salah Satu Pemusik REGGAE yang saya suka .

Ketika Msaih di bangku SD , ternyata steven sudah mengenal musik reggae.Hal itu didapat dari pamannya yang memang senang Dengan musik reggae . hampir setiap pagi, Pamannya selalu menikmati lagulagu bob marley dan secara tak langsung . Juga di dengar oleh Tepenk , Panggilan akrab steven .
       Kehidupan Di masa kecil itulah yang mengispirasi steven bermain musik reggae hingga saat ini. meski pada masa awal ia hadir di ranah permusikan indonesia penikmat musik di tanah air kebanyakan mengenalnya sebagai steven scope, vokalis band yang bergenre punk alternatif . waktu itu rembutnya gimbal lebat dan agak panjang . gaya dan penampilan yang sama seperti saat reggae indonesia , bertemu di kawasan jakarta barat  untuk mengobrol obrol.
       Pria kelahiran pekanbaru 3 januari 1975 ini mulai bermain musik saat ia masih duduk di bangku smp . steven sempat memainkan musik metal sampai ia duduk di bangku SMA . karena mema ng di zaman itu, tepatnya di tahun 1992 musik jenis thrash metal sangat digandrungi oleh kaum muda. Bahkan bisa dibilang eksistensi dari musik tersebut mendominasi perhelatan musik di tanah air “jadi emang dasarnya gue main band sudah dari SMP , terus menjelang ke SMA gue cari tandem reggae, yang main reggae itu susah banget. Terus pas gue lagi SMA itu kan lagi gila-gilanya trash metal”,steven menegaskan

Tepenk yang memiliki nama asli steven nugraha kaligis ini baru menemukan tandem untuk bermain reggae ketika menginjak dunia kampus. Namun tak lantas ia meninggalkan musik berjenis metal, Suara Distorsi sepertinya sudah kadung melekat dan sulit untuk ditinggalkan begitu saja . sekedar catatan, steven pernah berkuliah namun tidak sampai tamat di dua kampus berbeda .

Steven mengakui hanya ada dua sound yang paling di sukainya di dunia ini, reggae dan distortion.
       Dua hal yang sebenarnya bertolak belakang tetapi itulah steven . Tipikal anak muda yang sepertinya memang senang berekplorasi. Ia mengombinasi keduanya. Dan hasilnya adalah alternative punk, yang diusung sama-sama dalam sebuah band alternative yang dilabeli dengan nama scope. Band yang mengawali debut steven di belantika musik tanah air. Disetiap album scope dipaksakan agar terdapat sound reggae sehingga ia punya kesempatan untuk berkolaborasi.
       “Gue punya 3 album sama scopre jadi punya kesempatan kolaborasi itu justru di scope”. Jadi punya kesempatan kolaborasi itu justru di scope. Album yang ke-2 sama tony Q rastafara. Terus yang ke-3 sama almarhum imanez. Jadi setiap album itu ada satu lagu yang gue paksain untuk mainin reggae”.
       Demikian steven menjelaskan almbum yang sudah dikeluarkan bersama band scope.

       Selain bob marley, steven punya orang-orang dari negeri sendiri yang cukup memberikan inspirasi pada dirinya dalam memainkan musik reggae. Orang-orang tersebut adalah musisi reggae yang pernah berkolaborasi bersamanya dalam membawakan lagu reggae, almarhum imanez dan tony q rastafara . imanez menurutnya adalah sosok pemusik yang dapat mengombinasikan bagaimana Reggea dapat diterima di telinga orang-orang indonesia. Menurut Steven, almarhum imanez dapat memainkan reggae dengan gayanya.
       Sementara Tony q rastafara mengajarkannya banyak hal tentang bagaimana untuk dapat bertahan dan konsisten terus di jalurnya, Khususnya musik reggae. Steven memiliki kekaguman tersendiri terhadap Tony q rastafara yang hingga saat ini sudah hampir 22tahun bermain reggae dan masih tetap bertahan. Meskipun tidak terlalu melesak dibandingkan musik-musik yang sedang tren, menurut steven jam tony q rastafara mampu “Menularkan virus” musik reggae diindonesia .
       Menurut kesaksian steven, jika dibandingkan dengan masa-masa dulu, saat ini musik reggae sudah ada di hati para penggemarnya .


Emoticon Emoticon